Naik Kelas Usaha Kecil

Pengunjung melihat produk kerajinan dari bahan koran bekas saat Gebyar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Juara di lapangan Kampus IPB, Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/9/2019). Sumber: ANTARANEWS


Gelaran MotoGP Mandalika di pertengahan Maret 2022 menempatkan Indonesia di pusat perhatian dunia khususnya bagi para penggemar ajang balapan ini. 

Sama halnya dengan sebuah bisnis atau usaha, agar bisnis tersebut bisa lebih dikenal, perlu ada promosi sehingga diharapkan dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan menarik minat lebih banyak calon pembeli
 
Kondisi yang sama berlaku untuk usaha kecil, yakni usaha yang memiliki pegawai antara 5 sampai 20 orang, termasuk di dalamnya adalah usaha mikro, yakni yang memiliki jumlah pegawai kurang dari 5 orang dimana mereka diharapkan terus meningkatkan penjualan dan dapat naik kelas yang lebih tinggi.  

Laporan 13th Annual Asia-Pacific Small Business Survey dari CPA Australia menyajikan kondisi usaha kecil di 11 negara di Australia, New Zealand dan beberapa negara Asia seperti China, Hong Kong, India, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Laporan ini menunjukkan sebagian besar usaha kecil mengalami perlambatan pertumbuhan bisnis karena pandemi Covid-19. Menariknya, usaha kecil di negara-negara Indonesia dan Vietnam melaporkan dampak karena Covid-19 lebih tinggi dibanding negara-negara lain yang disurvei. Sementara justru usaha kecil di China, India, dan Taiwan yang melaporkan dampak COVID-19 terendah dibanding negara-negara lain (Gambar 1).

Gambar 1. Usaha Kecil dan Pandemi Covid-19

Usaha-usaha kecil di Australia, Indonesia, Singapura, dan Taiwan memandang tahun 2021 lebih sulit daripada tahun sebelumnya. Sebaliknya, negara-negara lain yang disurvei memandang tahun 2021 lebih mudah diatasi daripada tahun 2020. 


Tiga Kunci Utama Pengembangan Usaha Kecil
Laporan CPA Australia menunjukkan setidaknya ada tiga kunci utama untuk kemajuan usaha kecil , yakni teknologi, inovasi, dan adanya bantuan dari pihak luar dalam bentuk saran dari ahli. 

Usaha kecil yang mengalami pertumbuhan tinggi biasanya juga intensif menggunakan teknologi. Sebaliknya, usaha kecil yang mengalami pertumbuhan rendah adalah mereka yang tidak menggunakan teknologi untuk aktivitas bisnisnya (Gambar 2). 

Gambar 2. Usaha Kecil dan Terknologi

Kemudian, laporan CPA Australia juga menunjukkan usaha kecil yang tumbuh cepat adalah mereka yang melakukan inovasi. Sebaliknya usaha-usaha yang tidak tumbuh adalah mereka yang tidak melakukan inovasi (Gambar 3).

Gambar 3. Usaha Kecil  dan Inovasi

Terakhir, usaha kecil yang memiliki pertumbuhan tinggi adalah usaha-usaha yang mendapat bantuan berupa saran dari pihak eksternal. Sebaliknya, mereka yang tidak tumbuh adalah mereka yang tidak pernah mendapatkan saran dari pihak eksternal (Gambar 4).

Gambar 4. Usaha Kecil  dan Saran Ahli

Pada tahun 2021, kebanyakan usaha kecil di Indonesia mendapat saran ahli dari rekan bisnis atau mentor, teman dan kerabat, serta konsultan bisnis/manajemen. Hanya 5% dari usaha kecil di Indonesia yang tidak pernah mendapat saran ahli. 

Tabel 1. Usaha Kecil  dan Saran Ahli

Menariknya, usaha-usaha kecil di negara-negara maju dalam laporan ini seperti Australia, Singapura, dan New Zealand terhitung tidak bergantung pada saran eksternal, ditandai dengan persentase usaha kecil yang tidak mendapat saran eksternal. Pada tahun 2021, terdapat 34,1% usaha kecil di Australia dan 29,2% usaha kecil di dan Singapura tidak mencari saran eksternal (Tabel 1).

Peluang
Peluang pengembangan usaha kecil di Indonesia bisa mengarah pada dua aspek yakni peningkatan penggunaan dunia digital dan kemampuan memasuki pasar luar negeri. 

Pada tahun 2021, sekitar 64% usaha kecil di Indonesia yang sudah terintegrasi dengan dunia digital, ditandai dengan indikator lebih dari 10% pendapatan yang diterima bersumber dari pembayaran digital. Namun angka ini jauh lebih rendah dibanding China dan India dimana lebih dari 85% usaha kecil telah menerima pembayaran digital (Gambar 5).
  
Gambar 5. Persentase Usaha Kecil yang Menerima setidaknya 10% Pendapatan dari Pembayaran Digital

Peluang pengembangan usaha kecil di Indonesia bisa juga dengan menggunakan media sosial untuk kepentingan bisnis, yakni mempromosikan produk, menjalin komunikasi dengan pelanggan, menarik pelanggan potensial, mengetahui prilaku konsumen, mempelajari kompetitor, serta merekrut pegawai.
 
Sejalan dengan temuan CPA Australia yang menunjukkan usaha-usaha yang intensif menggunakan media sosial akan lebih berkembang dibanding mereka yang tidak menggunakan media sosial (Gambar 6). 

Gambar 6. Usaha Kecil  dan Media Sosial

Peluang lain dari pengembangan usaha kecil  di Indonesia adalah kemampuan menggarap pasar luar negeri. Pada tahun 2021, terdapat 15,9% usaha kecil di Indonesia yang melihat pendapatan dari pasar luar negeri akan meningkat tajam. Angka ini jauh lebih rendah dibanding India (44,6%) dan Filipina (39,1%) (Gambar 7).  

Gambar 7. Usaha Kecil  dan Pasar Luar Negeri

Maka, ruang untuk pengembangan usaha kecil di Indonesia masih terbuka lebar.
 
What next?
Pengembangan usaha kecil  di Indonesia harus memperhatikan dua aspek yakni hal-hal positif yang mendorong perkembangan usaha dan hal-hal negatif yang mempengaruhi usaha.

Menurut CPA Australia, hal-hal positif yang dapat mendorong pertumbuhan usaha di Indonesia adalah loyalitas pelanggan, kepuasan konsumen, dan perbaikan strategi bisnis (Tabel 2).

Tabel 2. Hal-hal Positif terkait Pengembangan Usaha Kecil 

Sementara hal-hal negatif yang dapat mempengaruhi perkembangan usaha kecil di Indonesia adalah pandemi Covid-19, semakin ketatnya persaingan usaha, dan kenaikan biaya-biaya (Tabel 3).

Tabel 3. Hal-hal Negatif terkait Pengembangan Usaha Kecil 

Dengan berfokus pada hal-hal positif di atas serta kemampuan mengantisipasi hal-hal negatif yang berdampak pada usaha, maka usaha kecil di Indonesia akan dapat lebih berkembang sertta dengan kemampuan untuk mengambil berbagai peluang yang ada.

Referensi:
https://www.cpaaustralia.com.au/tools-and-resources/business-management/small-business-resources/asia-pacific-small-business-survey


Popular posts from this blog

Skewness dan Kurtosis

Piramida Distribusi Kekayaan Masyarakat Indonesia

KKN di Desa Penari

Palma Ratio Indonesia

Daya Beli Masyarakat, in this Economy: Dunia Usaha dan Perspektif Ekonomi Makro

Generasi Hutang: Literasi Keuangan dan Kekayaan Rumah Tangga

Berapa Rata-Rata Kekayaan Rumah Tangga di Indonesia?